Haji Mohammad Ustman Ansori, SQ, MA

Haji Mohammad Ustman Ansori, SQ, MA

(KOKO LIEM)

Nama asli Tionghoa beliau sebelum muslim adalah Liem Hai Thai. Lahir pada 17 Januari 1979 di Dumai Riau dari sepasang suami istri berdarah Tionghoa, Liem Guanho dan Laihua  Sejak kecil ia dididik dalam keluarga pemeluk agama Budha yang taat. Bahkan ayahnya adalah seorang aktivis Klenteng. Menjelang Maghrib, keluarga ini termasuk Liem kecil secara rutin sembahyang untuk menyembah Pay Pekkong (Arwah leluhur dari orang-orang terkenal).

Masuk Islam pada 21 Juli 1994 pada umur 15 Tahun. Utsman yang biasa dipanggil Koko Liem itu terus mendalami agama barunya dan memutuskan untuk berdakwah. Setelah masuk Islam, kehidupan Koko Liem tak serta merta membaik. Justru sebaliknya, beliau harus pindah dari Dumai ke Duri, Riau. Sebab, ayahnya sangat marah dan mengusirnya dari rumah. Sejak itu beliau diasuh oleh seorang ulama Riau bernama KH. Ali Muchsin. Pengasuh Pondok Pesantren Jabal Nur di Kandis, Riau itulah yang mendorong tekadnya untuk menjadi da’i. Kemana pun Ali Muchsin berdakwah, putra aktivis Klenteng Budha yang bermata sipit dan berkulit putih itu berusaha  untuk bisa mengikutinya. Beliau sangat senang mendengarkan gurunya itu memberikan materi ceramah


Jenjang Pendidikanya

1. 1995 SD 14 Dumai Barat, Riau, SMP Islam Mutiara Duri Riau

2. 1995 hingga 1999 Pondok Pesantren Daar El Qolam, Balaraja Banten

3. 2001 Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Raudhatul Muhsinin, Malang Jawa Timur.

4. 2001-2005 Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan    Agama Islam Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Lebak bulus Ciputat hingga lulus tahun 2005.

5. 2005-2008 kembali melanjutkan studi S2 nya di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) dengan mengambil Jurusan Konsentrasi Ilmu Tafsir.

Kiprah dan pengalaman beliau dalam dunia dakwah tak diragukan lagi karena beliau berceramah bukan hanya dari mimbar-ke mimbar tetapi beliau sering tampil untuk berdakwah di berbagai media massa & radio . Beliau juga sering tampil di berbagai acara di Televisi yang bernuansa islami, seperti Pencerahan rohani di TPI, SCTV, INDOSIAR, TRANS TV, TRANS 7, TV ONE, TVRI. Beliau juga pernah menjadi Peran Kiyai di Sinetron Kiamat Sudah Dekat 3 SCTV 2007 dan lain-lain.

Aktivitas Sekarang

Ø Setiap Senin pagi beliau mengisi pengajian di Masjid Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta. Jamaahnya mencapai 250 orang.

Ø Setiap Jum’at malam, beliau mengisi pengajian di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur

Setiap hari juga mengajar anak-anak membaca Al-Qur’an serta Ilmu Agama Islam lainnya seperti fikih, tafsir, akhlak. Dan menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Pembinaan Muallaf “Sheng Hoo Budaya” Sentul Selatan Bogor Jawa Barat.

Koko Liem menggunakan dakwahnya lewat pesan-pesan bijak langsung lewat Handphone, seperti ketik REG (SPASI) LIEM kirim ke 3477, yang bernama SMS Lampion Hati Seputar Tips Keluarga Sakinah, Panduan untuk Muallaf dan Tips Mencari Pasangan Secara Islami dan juga Ring Back Tone ( Nada Sapa I-Ring) yang berisi Tausiyah yang dibawakan olehnya.

Kegiatan Yang Pernah Beliau Lakukan

Tahun 2005, Finalis Mimbar Da’i di TPI
Tahun 2007, Bintang Iklan Promag di SCTV, TPI, INDOSIAR
Tahun 2007, Peran Kiyai di Sinetron “Kiamat Sudah Dekat 3” di SCTV
Tahun 2007, Komentator Tassahur di INDOSIAR
Tahun 2008, Presenter Program “Negeri Curhat” di TPI
Pencerahan Rohani di TPI, TVRI, INDOSIAR, TRANS TV, TRANS 7, TV One & Elshinta
Pengasuh Pondok Pesantren Pembinaan Muallaf “Shengho Budaya” Sentul Selatan – Jawa Barat
Tahun 2009, “Penasehat Cinta” di Acara “Take Him Out Indonesia” di IndoSiar.I
Tahun 2009, Berperan sebagai Kyai dalam Acara “Opera Van Java” Spesial Ramadhan di Trans7.

Di persentasikan oleh Ahfas Faisal, mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Jakarta Program Studi Komunikasi Penyiran Islam  dalam mata kuliah Psikologi Dakwah 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: