Definisi Dan Ruang Lingkup Komunikasi Organisasi Oleh: Ahmad Ridwan Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam, UNJ Jakarta 7 Januari 2010

Pendahuluan
Komunikasi merupakan satu hal terpenting dalam kehidupan, dengan komunikasi manusia dapat berinteraksi satu dengan yang lainnya, dengan komunikasi kita pun dapat menyatakan dan mendukung identitas diri sendiri. Sangat banyak dari para ilmuan barat yang telah medefinisikan tentang komunikasi. namun, dari berbagai definisi tersebut fungsi dari komunikasi tidaklah jauh berbeda yaitu dapat mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir, berperilaku sesuai dengan apa yang kita inginkan yang dituangkan melalui penyampaian pesan melalui proses komunikasi.
Perkembangan ilmu komunikasi sejajar dengan perkembangan zaman, jika dahulu para pembesar negara atau ilmuan dapat berkomunikasi dengan masyarakat hanya menggunakan keterampilan beretorikanya dan media komunikasi yang sederhana jauh berbeda dengan sekarang yang telah didukung dengan berbagai media komunikasi modern. Begitupun tingkatan proses komunikasi kuantitas manusia yang semakin bertambah menjadikan tingkat proses komunikasi semakin luas. Denis Mc Quail (1987) menyatakan bahwa secara umum proses komunikasi dalam masyarkat dapat berlangsung dalam 6 tingkatan yaitu: intra personal, antar pribadi, komunikasi dalam kelompok, komunikasi antar kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi dengan masyarakat luas.
Di dalam makalah ini saya tidak akan menjelaskan satu persatu mengenai 6 tingkatan proses komunikasi tersebut. Tapi, saya akan mencoba membahas sekelumit tentang definisi dan ruang lingkup komunikasi organisasi. Semoga dengan makalah ini menjadi satu acuan untuk dapat lebih mendalami khususnya tentang komunikasi organisasi dan ilmu komunikasi pada umumnya.
Pembahasan
Telah dapat kita pahami bahwa komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan. Dari beberapa fungsi komunikasi yang telah tertulis pada pendahulan ada beberapa fungsi lain dari komunikasi, yaitu:
1. Mengendalikan lingkungan fisik & psikis.
2. Menyelesaikan masalah.
3. Mamuaskan rasa penasaran.
4. Menciptakan dan memupuk hubungan dengan orang lain.
5. Menunjukan ikatan dengan orang lain.
6. Memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
7. Meningkatkan kesadaran pribadi.
8. Mengembangkan keberadaan suatu masyarakat dan
9. Meningkatkan hubungan sosial kemasyarakatan.

Sedangkan organisasi adalah suatu kesatuan sosila dari kelompok manusia yang saling berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga setia anggota oarganisasi memiliki tugas dan fungsi, masing-masing mempunyai tujuan tertentu dan batasn yang jelas sehingga bisa dipisahkan secara tegas dari lingkungan. Dan organisasi mempunyai 2 macam yaitu organisasi formal dan informal. Organisasi formal artinya suatu organisasi yang lebih mengutamakan prinsip efesiensi dengan adanya visi dan misi yang teratur dan terkontrol. Golddhaber (1986) memberikan definisi komunikasi organisasi adalah proses penciptaan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah.

Tujuan komunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka membentuk saling pengertian (mutual undestanding) . Pendek kata agar terjadi penyetaraan dalam kerangka referensi, maupun dalam pegalaman.
Berikut ini merupakan pengibaratan fungsi komunikasi dalam organisasi Komunikasi dalam organisasi ibarat darah manusia dalam tubuh saling berpengaruh untuk fungsi keseluruh tubuh/anggota organisasi. Komunikasi sebagai perekat organisasi agar tidak terjadi kesenggangan dalam organisasi. Komunikasi sebagai minyak pelumas yang melicinkan fungsi organisasi sehingga dapat secara mudah mencapai tujuan secara bersama. Komunikasi sebagai pengikat system agar terciptanya keteraturan dalam proses berorganisasi.
Dalam komunikasi organisasi terdapat 3 bentuk proses komunikasi yang berlangsung yaitu:
1. Downward communication (dari atasan ke bawahan) artinya proses komunikasi ini berlangsung dari seseorang yang memiliki jabatan tinggi ke anggotanya dan ini biasanya merupakan suatu perintah.
2. Peer horizontal communication (satu level) artinya proses komunikasi belangsung pada seseorang yang memiliki jabatan yang sama conohnya antar anggota.
3. Upward communication (Bawahan – Atasan) artinya proses komunikasi berlangsung pada anggota kepada atasan, hal ini biasanya merupakan saran atau suatu laporan kegiatan.

Penutup/Kesimpulan
Dari pembahasan di atas ada beberapa kesimpulan yang dapat kita pelajari. Diantaranya yaitu:
1. Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan.
2. Fungsi komunikasi yaitu dapat mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir, berperilaku sesuai dengan apa yang kita inginkan yang dituangkan melalui penyampaian pesan melalui proses komunikasi
3. Denis Mc Quail (1987) menyatakan bahwa secara umum proses komunikasi dalam masyarkat dapat berlangsung dalam 6 tingkatan yaitu: intra personal, antar pribadi, komunikasi dalam kelompok, komunikasi antar kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi dengan masyarakat luas.
4. organisasi adalah suatu kesatuan sosila dari kelompok manusia yang saling berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga setia anggota oarganisasi memiliki tugas dan fungsi, masing-masing mempunyai tujuan tertentu dan batasn yang jelas.
5. Golddhaber (1986) memberikan definisi komunikasi organisasi adalah proses penciptaan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah.
6. Tujuan komunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka membentuk saling pengertian (mutual undestanding) .
7. 3 bentuk proses komunikasi yang berlangsung yaitu:
1. Donward communication (dari atasan ke bawahan).
2. Peer horizontal communication (satu level).
3. Upward communication (Bawahan – Atasan.

Referensi
Chamdan M Si, 2009 “ Pengertian dan Ruang Lingkup Komunikasi Organisasi”, (http://www.chamdan.com diakses 3 Januari 2010).
Muhamad, Arni, (2002), ‘Komunikasi Organisasi’, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: