Dakwah Melalui Media Massa

Dakwah melalui media massa dimulai sejalan dengan perkembangan tekhnologi mulai berkembang yakni sejak abad ke-21. Dahulu kala dakwah dilakukan dengan tatap muka langsung secara personal ataupun berkelompok. Sesuai dengan perkembangan zaman dan tekhnologi dunia dakwah menjadi berubah, dengan menggunakan teknologi informasi kini dakwah bisa dinikmati tidak hanya pada satu tempat atau oleh satu kelompok saja  namun bisa dinikmati oleh seluruh dunia dan kalangan. Namun, diantara kelebihan ini tentu ada kekurangan yang akan saya uraikan dalam tulisan ini.

Untuk lebih terperinci saya akan menerangkan sekelumit tentang media massa. Massa adalah kumpulan orang banyak,ratusan sampai jutaan yang berkumpul untuk sementara karena ada kepentingan sementara. Sedangkan komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa (media cetak atau elektronik) kepada sejumlah khalayak yang tersebar, bersifat heterogen, tidak dikenal namanya satu per satu (anyonym) sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

Terdapat karakteristik dakwah melalui media komunikasi massa antara lain yaitu:

  1. Arus informasi dakwah melalui media massa tidak dipengaruhi oleh reaksi khalayak mad’u tetapi terkendali oleh da’i. Oleh karena itu, seorang programmer dakwah media massa dituntut bisa membaca kecenderungan umum di masyarakat yang dapat dipertimbangkan dalam menyajikan menu siaran sehingga siaran dakwah banyak disukai.
  2. Dalam dakwah melalui media massa reaksi mad’u terbatas melalui beberapa hal saja seperti surat pembaca, telepon dari pendengar radio/tv, berbeda dengan dakwah melalui tatap muka yang diterima secara langsung. Reaksi mad’u banyak macamnya seperti tertawa, menangis, bertepuk tangan, teriakan, gerakan tubuh dan lain sebagainya.
  3. Dalam dakwah melalui media massa suara dan isi dakwah dan pemikiran(bahasa dan logika) menjadi yang terpenting karena berbeda dengan dakwah melalui tatap muka/langsung  yang lebih mementingkan hubungan interpersonal(kedekatan batin/emosional) kepada mad’u, sehingga dengan sedikit materi namun hubungan dengan mad’u sudah dekat maka mad’u bisa secara mudah dipengaruhi.

Lalu bagaimana efektifitas dakwah melalui media komunikasi massa ini? Untuk mengetahui jawabannya tunggu aja di informasi blog selanjutnya ……

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: